Artikel Makanan Cupang : Cacing Sutra / Blood Worm / Cacing Darah / Cacing Air Hidup

Friday, May 11, 2012

print this page
send email
 
Cacing sutra biasa di temukan di Selokan, Lumpur, Tanah Lumut yang ber ada di dalam Air,. fungsi pakan ini dapat merangsang pertumbuhan bagi Ikan Air Tawar khusus nya Ikan Cupang & biasa nya jika di kota terdapat komunitas maupun hobbys Ikan Cupang maka banyak pula pedagang nya dengan harga sekian Ribu Rupiah pun sudah dapat lumayan banyak & Foto ini di ambil ketika Cacing sutra baru sampai di tempat yang baru di beli dari pedagang Cacing sutra.

*keadaan nya masih keruh & kotor.


PROSES PEMBERSIHAN TAHAP SATU:

Cacing sutra yang dari baskom (wadah) di tuang seluruh nya ke dalam saringan yang berbahan halus seperti ini, guna nya untuk membilas endapan kotoran yang ber ada di dalam Cacing sutra tersebut sekaligus membuat Cacing sutra menjadi segar & sebaik nya Air yang di gunakan untuk membilas ialah dengan Air endapan agar cacing tidak terlalu stress & cepat mati.



PROSES PEMBILASAN TAHAP KE DUA.

Siram secara merata & perlahan cukup 3, 4 kali bilasan saja sambil goyang - goyangkan saringan nya.

Untuk media pembilasan saya biasa nya menggunakan potongan botol air mineral yang buat Ren dengan ketinggian potongan botol sekitar 13cm.


TAHAP KE TIGA:

Masukan Cacing sutra secara perlahan ke dalam wadah baskom yang telah di bersih kan namun baskom jangan di berikan Air terlebih dahulu.

Sisa cacing yang ber ada di dalam saringan tersebut jangan di masukan ke dalam kumpulan yang ber ada di dalam wadah, sebaik nya di buang ke selokan, tanah atau juga bisa di berikan ke dalam kolam Ikan SETELAH ITU JANGAN LUPA SARINGAN WAJIB DI BERSIH KAN.

TAHAP KE EMPAT:

Isi Air secara perlahan namun sedkit saja sekitar ketinggian Air mencapai 4cm saja di dalam wadah baskom ini.

TAHAP KE LIMA: PEMBERIAN OBAT ANTI BAKTERI.

Setelah wadah ter isi oleh Air maka masukan Obat Anti Bakteri yang anda miliki di Rumah, jika bentuk nya serbuk, Bubuk maka berikan sedikit saja, namun jika Obat yang anda miliki jenis Cairan berikan cukup sekitar maksimum 4 tetes saja guna nya agar dapat meminimalis, membasmi kandungan Bakteri pada Cacing sutra ini.

TAHAP KE ENAM:

Setelah Cacing sutra telah di berikan Obat anti bakteri wadah di goyang - goyang secara perlahan dengan gerakan memutar satu arah ke kiri atau ke kanan sekitar 5 kali goyangan agar Obat dapat lebih meresap secara merata.

Diamkan minimal sekitar 20 menit s/d 60 menit.

TAHAP KE TUJUH:

Setelah Cacing sutra terendam dengan Obat dengan lama waktu yang telah di tentukan, maka lakukan kembali tahapan ke DUA s/d ke EMPAT (sebelum foto ini) lalu ambil seperlu nya Cacing sutra ke dalam wadah baru yang telah ter isi Air endapan dengan ketinggian Air tetap pada 3, 4cm saja paling tinggi.

TAHAP DELAPAN: PORSI UNTUK SATU EKOR IKAN CUPANG.

Cukup dengan mengambil se cukup nya saja seperti contoh pada telunjuk tangan, Relatif sangat cukup tidak kebanyakan tidak pula terlalu sedikit pas untuk kapasitas pencernaan perut Ikan Cupang seluruh ukuran mulai dari S BABY, S/D GIANT SEKALI PUN.!! berikan cukup sehari 2x saja pagi & sore jika tidak terpaksa karena sesuatu hal sebaik nya Ikan jangan sering - sering di berikan makan pada malam hari,. PANTANGAN!!.

TAHAP KE SEMBILAN: wajib campur dengan Air saring Ketapang!!

Lakukan proses pembilasan seperti tahap ke DUA pada foto sebelum nya minimal pembilsan sehari dua kali pagi & sore, lalu pada bilasan akhir di sore hari berikan Air saring Ketapang secukup nya saja guna nya Cacing sutra dapat awet s/d esok hari nya, lalu esok hari nya di bilas kembali.

*Pada hari ke Dua & seterus nya, lakukan proses yang sama namun jangan di berikan Obat lagi karena cukup pada hari pertama saja.


KESIMPULAN:

Cacing sutra merupakan jenis pakan yang memiliki kandungan bakteri yang sangat tinggi namun khusus nya bagi penggemar ikan cupang hias atau ingin mengejar pertumbuhan secara cepat jenis pakan ini sangat efektif untuk merangsang segala struktur pertumbuhan pada ikan,. namun terkadang orang - orang yang belum mengerti masih saja memberikan nya secara berlebihan & sesering mungkin tanpa di mix dengan pakan cuk hitam di tambah pola hidup ikan cupang nya tidak teratur oleh si perawat ikan cupang nya sehingga ikan se waktu waktu akan mengalami sakit parah & "DAYA TAHAN TUBUH IKAN MELEMAH" juga mudah mati.

DAMPAK POSITIF:

Cacing sutra dapat membuat tubuh ikan menjadi tebal & lebar secara keseluruhan dalam waktu kurang lebih 14 hari, serta Irit & tahan lama.

Dapat di berikan pada Anak Cupang usia 3 minggu ke atas sebagai selingan seminggu 2x dengan takeran se cukup nya saja agar pertumbuhan dapat lebih optimal + di mix dengan kutu Air.

DAMPAK NEGATIF:

Pemberian Cacing sutra secara berlebihan & sesering mungkin sama saja meng Investasi penyakit dengan jangka panjang = (BOM WAKTU)

*Sebagai contoh:

jika pakan yang di berikan berlebihan maka sewaktu waktu Cacing dapat menyelinap lewat Bilik Topeng & jika Cacing terselip maka ketika Cacing melilit di dalam Kedok Ikan dapat menyebabkan "KRAM' pada bagian Insang sehingga Ikan nanti nya mengalami gangguan pernafasan, bisa (Soucek) & HILANG KESEIMBANGAN BERENANG.

Daya tampung Perut Ikan itu kan ada batas nya jika terlalu gembul sementara sifat Cacing itu kan sifat nya menggumpal (MENGENDAP) nah kalau tiap hari terus - terusan seperti itu, siap - siap deh Busung (Drops).

70% Akan lebih mengarah ke karakter PASIF dampak ke Ikan nya jika tidak di imbangi dengan pola Rawatan yang seimbang (baik), serta di Mix dengan pakan Cuk Hitam.

EVALUASI:

Maka dengan cara proses tahapan yang telah saya jelas kan minimal dapat mengurangi DAMPAK NEGATIF pada Ikan Cupang kesayangan anda & Proses CACING SUTRA INI hasil nya dapat membuat Cacing Segar, Awet Alami & Minim kematian,.. Selamat mencoba & jangan lupa MEMBILAS + AIR KETAPANG SARING.

* JENIS PAKAN INI TIDAK UNTUK JENIS PAKAN CUPANG ADUAN BERKUALITAS BAIK, PANTANGAN!!!!!

Terima kasih atas kunjungannya, jika ada yg tidak mengerti silahkan ditanyakan : Mr Betta

2 comments:

  1. Cacing Sutra Super dan Cacing Merah / Cacing Darah / Planton Kondisi Hidup.

    Makanan burayak / anak ikan dengan protein yang sangat tinggi (diatas 40% bahkan diatas 50%).
    Rp.20000/kaleng atau liter (800gr) atau Rp.25000/gayung (1kg).

    Pemesanan dilakukan sehari sebelum pengiriman.
    James 083899852551
    COD sekitaran Bintaro(Jakarta) - Gratis. Tanpa minimum order.

    "http://hewan-piaraan-aksesoris.tokobagus.com/makanan-hewan/cacing-sutera-tubifex-sp-15500490.html"
    "http://hewan-piaraan-aksesoris.tokobagus.com/makanan-hewan/cacing-merah-cacing-darah-planton-14911397.html"

    NB :
    Saya hanya menjual cacing jadi dijamin bersih sudah dicuci alias gak pake air, lumpur, daun, sampah, dll.
    Dan ditimbang kembali dengan timbangan digital, didepan anda, dijamin tidak susut.

    ReplyDelete
  2. Pak, izin ngutip ya.... terima kasih

    ReplyDelete